Rabu, 28 Oktober 2015

Alasan Mengulang Mata Kuliah Fitogeografi

Secara luas. yang dimaksud fitogeografi adalah suatu kajian tentang sebaran makhluk hidup di bumi pada saat yang lalu dan pada saat ini. Shukla dan Chandel (1996) mendefinisikan "fitogeografi sebagai suatu kajian tentang migrasi dan penyebaran tumbuh- tumbuhan di daratan atau perairan. Penelaahan tentang penyebaran tumbuhan di bumi pertama kali dikemukakan oleh Alexannder von Humboldt pada tahun 1808 (Misra, 1980).
Secara deskriptif, fitogeografi adalah “studi dan deskripsi tentang perbedaan fenomena distribusi tumbuhan di bumi, mencakup semua hal yang mengubah atau mempengaruhi permukaan bumi, baik oleh pengaruh fisik, iklim atau interaksi dari makhluk hidup ke lingkungannya" (Potunin, 1994).
Secara umum pembahasan fitogeografi adalah tumbuhan di seluruh permukaan bumi yang mencakup komposisi, produktivitas setempat dan terutama distribusinya, Distribusi vegetasi dapat ditelaah secara terpisah-pisah berdasarkan jenis-jenisnya atau secara bersama sebagai suatu kesatuan masyarakat tumbuhan, dengan maksud memperoleh pemahaman tentang perbedaan vegetasi di berbagai wilayah di bumi.
Alasan saya mengulang mata kuliah fitogeografi adalah untuk memperbaiki nilai saya yang kurang memuaskan. Alasan lain kenapa saya mengulang mata kuliah ini untuk memperdalam ilmu tentang sebaran makhluk hidup (tumbuhan) atau distribusi vegetasi di bumi termasuk semua faktor yang mengubah permukaan bumi oleh faktor fisik,iklim atau oleh interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dimana pengetahuan saya tentang hal ini masih sangat kurang. Disamping itu dengan mempelajari ilmu fitogeografi, harapannya saya dapat mengenal berbagai macam tumbuhan yang ada dalam dunia kehutanan mulai dari ciri daun, buah, bunga, tajuk dan lain sebagainya yang merupakan salah satu ilmu yang paling penting dalam dunia kehutanan.
Menurut saya sistem pembelajaran yang ada saat pada mata kuliah fitogeografi kelas c sudah baik dan cukup efektif. Saran saya setelah UTS nanti, mahasiswa diberi tambahan tugas lagi agar mahasiswa menjadi lebih aktif dan dapat menjadi tambahan nilai. Jika ada kelas pengganti atau lainnya yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar mohon untuk diumumkan di group akademik atau di papan pengumunun agar semua mahasiswa dapat mengetahui informasi tersebut, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar